Program Intensif Baca Kitab Santri Nihai Resmi Ditutup

Kabar Pondok – Program Intensif Baca Kitab kuning resmi berakhir (29/9). Program yang telah berjalan selama 2 bulan tersebut adalah salah satu program kelas akhir (santri nihai) Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Cirebon.

Program yang mendatangkan pengajar langsung dari Magelang Jawa Tengah tersebut bertujuan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para santri dalam membaca kitab gundul atau kitab kuning.

Acara penutupan program di adakan di lantai dua Masjid Amaliyah MU dengan dihadiri oleh jajaran Dewan Riyasah serta diwarnai dengan tangisan dan rasa haru baik dari pengajar maupun para santri.

Dalam sambutannya, Ust. Arya salah satu pengajar yang dari Magelang berharap hubungan antara mereka sebagai guru dan murid tidak berakhir sampai di sini. “Kami berharap kalian mengingat kami saat di akhirat nanti bila kalian tidak menemui kami di syurga dan bisa menolong kami.” Titip beliau kepada para santri.

Kegiatan santri Nihai (kelas akhir) selanjutnya adalah praktek ibadah dan hafalan doa-doa serta hafalan juz 28, 29, 30 kepada Dewan Riyasah yang ditunjuk oleh Panitia sebagai Musyrif (Pembimbing) kelompok hafalan. (Labib)