kesantrian

Apa itu Santri?

Santri merupakan salah satu dari 4 pilar kokohnya sebuah pesantren. Merekalah yang menjadi corong dakwah di tengah-tengah ummat. Tidak hanya sekedar mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan, dakwah yang dilaksanakan ialah memberikan uswah atau tauladan yang terbaik, sesuai dengan nilai-nilai yang islami, tarbawi, dan ma’hadi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata santri/san-tri/ memiliki beberapa arti: 1. orang yang mendalami agama Islam; 2. orang yang beribadat dengan sungguh-sungguh; dan 3. orang yang saleh dalam pesantrian (pesantren).

Organisasi Santri

Salah satu sunnah/tradisi kepesantrenan yang berjalan di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Cirebon adalah bahwa kehidupan santri sehari-hari di luar jam sekolah formal dikelola oleh para santri sendiri, dengan falsafah “Dari, Oleh dan Untuk Santri”. Pengelolaan ini dilaksanakan melalui organisasi santri, yaitu Ikatan Santri Manba’ul ‘Ulum (ISMU) terpisah Putra dan Putri.

Organisasi ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai pembantu Bapak Kiai dan Ibu Nyai dalam proses pendidikan, sebagai media latihan berorganisasi, praktik pendidikan kepemimpinan dan manajemen, serta sebagai penyalur aspirasi seluruh santri dan penghuni pondok.